5 Tips Agar Aki Motor Tahan Lama dan Tidak Gampang Soak

gs astra menjadi merek aki idaman bagi pengguna motor

Seperti yang Anda tahu, aki merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber listrik bagi sepeda motor. Karena sepeda motor tidak akan berfungsi jika aki tidak ada ataupun rusak. Jika aki yang ada di sepeda motor Anda masih baik-baik saja, bukan berarti Anda tidak perlu merawatnya. Karena aki motor tahan lama didapat dengan cara merawat motor dengan baik dan benar. Anda pun harus rutin service motor Anda di dealer atau tempat service motor yang terpercaya.

Service rutin dibutuhkan agar aki motor awet dan jika terdapat masalah dapat segera teratasi. Maka dari itu, paling tidak Anda harus membawa motor Anda ke bengkel satu bulan sekali. Namun, bagi Anda yang tidak sempat ke bengkel untuk service rutin, tidak perlu khawatir. Aki Anda masih bisa dirawat dengan beberapa tips yang akan dibagikan berikut.

Jenis Aki

Sebelum membahas tentang tips merawat aki motor tahan lama dan tak gampang soak, ada baiknya kita mengetahui dulu jenis-jenis aki motor. Aki motor sendiri mempunyai 2 jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Untuk tahu lebih lanjut, mari simak ulasan berikut ini :

1. Aki kering

aki kering lebih baik daripada aki basah

Aki kering merupakan jenis aki yang tidak ada perawatan khususnya, alias maintenance free. Jadi dalam perawatan aki motor tahan lama, aki ini akan sangat membantu. Terutama bagi Anda yang super sibuk dan tak bisa menyempatkan diri ke bengkel sepeda motor. Aki jenis kering ini akan mengisi sendiri secara otomatis ketika habis. Kebanyakan, aki jenis kering digunakan pada sepeda motor tahun 2015 ke atas.

2. Aki Basah

aki basah memerlukan perawatan lebih banyak daripada aki kering

Berbeda dengan aki kering, aki basah justru sebaliknya. Aki jenis ini memerlukan perawatan yang khusus agar aki motor tahan lama. Anda pun harus rajin mengecek dan mengisi air aki jika habis. Jika menggunakan aki jenis ini, Anda tentunya membutuhkan tips khusus dalam merawat aki agar tak gampang soak.

Cara merawat aki

Setelah mengetahui tentang jenis aki, sekarang kita akan membahas tentang cara merawat aki motor tahan lama yang Anda butuhkan. Karena jika aki Anda rusak, motor Anda pun akan macet dan membutuhkan biaya perbaikan yang lebih mahal. Untuk mencegahnya, Anda bisa lakukan tips berikut ini.

1. Penggunaan Aksesoris Pada Sepeda Motor

Tips aki motor tahan lama yang pertama, Anda harus memastikan aksesoris pada sepeda motor Anda. Jika Anda adalah orang yang hobi menambahkan aksesoris sepeda motor, Anda harus menyeimbangkan beban pada motor. Karena aksesoris yang berlebihan akan membebankan daya yang besar terhadap aki. Dan tentunya hal tersebut akan membuat aki cepat soak dan akan menambah biaya perawatan sepeda motor Anda.

2. Starter Sepeda Motor

Tips kedua berhubungan dengan cara Anda men-starter sepeda motor. Jika motor Anda tidak juga menyala meski di starter berulang kali, jangan memaksakannya lebih jauh. Itu akan membuat aki cepat rusak dan soak. Anda bisa memakai alternatif lain untuk menyalakan motor, yaitu dengan memakai kick starter (engkol).

3. Memanaskan Mesin Motor

Untuk menghindari mesin motor yang tiba-tiba mati atau susah dinyalakan pada pagi hari, Anda harus rutin memanaskan sepeda motor Anda. Paling tidak nyalakan sepeda motor Anda kurang lebih 15 menit setiap hari sebelum memakainya. Hal ini dapat membuat aki motor tahan lama karena menjaga aki tetap terisi sebelum dipakai berkendara.

4. Memeriksa Ketinggian Cairan Aki

Tips berikutnya dalam merawat aki motor tahan lama adalah dengan memeriksa ketinggian cairan aki secara rutin. Jangan sampai air aki Anda melewati batas bawah yang tertera pada tempat aki. Usahakan sebelum mencapai batas bawah tersebut, anda sudah mengisinya dengan cairan H2O sampai ke batas atas. Tips ini berguna hanya untuk tipe aki basah.

5. Rutin Memeriksa Kondisi Terminal Aki

Tips terakhir adalah dengan mengecek kondisi terminal aki secara rutin dan terminal aki sendiri terbagi menjadi terminal positif dan terminal negatif. Dalam beberapa waktu, biasanya akan ada sebuah kerak yang warnanya putih diantara terminal, serta bisa juga ada kerusakan lainnya.

Kerak putih akan menyebabkan penyumbatan dan membuat aliran listrik Anda macet. Motor Anda pun bisa mati mendadak saat kondisi ini terjadi. Jadi jika saat memeriksa aki dan menemukan kerak, cepatlah bilas dengan air panas dan menyikatnya hingga bersih.

Kerusakan lainnya ialah seperti kebocoran aki yang tidak akan membuat aki motor tahan lama. Hal tersebut disebabkan pemasangan kabel aki yang kurang tepat sehingga mengakibatkan kebocoran aki. Hal tersebut haruslah diwaspadai karena cairan aki sendiri sangatlah berbahaya. Ia mempunyai sifat mudah terbakar dan juga sifat asam yang dapat merusak motor Anda, bahkan dapat menyebabkan kebakaran.

Itulah tadi tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat aki motor tahan lama beserta penjelasan tentang jenis-jenis aki yang perlu Anda tahu. Jika sedang berkendara, Anda juga perlu menghindari guncangan di jalan yang kasar agar aki Anda tetap pada posisi yang aman. Semoga artikel ini membantu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel