7 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Ditipu Penjual

pahami berbagai tips membeli motor bekas untuk mendapatkan motor berkualitas bagus

Ingin ganti motor karena motor sudah reyot tapi tidak ada uang? Mau beli sistem kredit tapi kalau dipikir-pikir malah habis banyak? Jangan risau, sekarang banyak masyarakat yang memilih membeli motor second atau bekas apabila tidak memiliki cukup uang untuk membeli baru.

Namun, Anda harus berhati-hati karena banyak motor bekas yang ternyata memiliki kerusakan juga di dalamnya. Bagi Anda yang ingin membeli motor bekas sepatutnya lebih memawas diri agar tidak menjadi korban bujuk rayu para penjual motor bekas.

Tips Membeli Motor Bekas

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli bekas, Anda perlu memperhatikan beberapa tips membeli motor bekas berikut ini,

1. Ketahui Harga Pasar

Tips pertama adalah mengetahui harga pasar sepeda motor yang hendak dibeli, mulai dari harga baru dan harga second. Dengan mengetahui harga dan seluk beluk tentang sepeda motor tersebut, diharapkan Anda tidak mudah dibodohi oleh para penjual. Anda bisa memanfaatkan situs jual beli online seperti OLX untuk cek harga pasaran motor.

Biasanya para penjual akan menaruh harga yang lebih mahal apabila kita tidak mengetahui apa-apa tentang seluk beluk motor tersebut. Usahakan untuk menempatkan diri agar lebih pintar atau setidaknya menyeimbangi kecerdikan penjual mengenai sepeda motor yang hendak dibeli.

2. Pilih Penjual Terpercaya

Apabila kita ingin membeli motor bekas, sudah pasti akan bertanya dulu kepada orang-orang yang memiliki beberapa pengalaman membeli motor bekas sebelumnya. Dari sini kita bisa tahu showroom motor bekas mana yang memiliki repurtasi baik dan buruk, sehingga akan memperkecil adanya penipuan.

Jika tempat penjualan tersebut menjadi buah bibir masyarakat dan memiliki pamor yang baik, tempat tersebut bisa jadi memiliki reputasi yang baik. Namun, Anda masih tetap harus mencari informasi harga baru dan bekas dan beberapa hal penting lainnya agar bisa mendapatkan motor yang masih berkualitas baik.

4. Cek Kelengkapan Motor

bkpb dan stnk adalah surat penting yang harus ditanyakan saat beli motor bekas

Meski tak berhubungan langsung dengan kondisi fisik motor, berkas seperti BPKB dan STNK juga harus diperhatikan. Dari kedua surat penting tersebut kita bisa mengetahui, pastikan motor yang dibeli sesuai dengan identitas pemilik sebelumnya. Gampangnya sih 'bukan motor curian'.

Kenapa hal ini sangat penting? Apabila Anda kedapatan membeli motor bekas yang ternyata hasil curian, maka Anda akan dicurigai sebagai penadah motor curian. Oleh karena itulah Anda perlu mengecek kelengkapan surat BPKB dan STNK terlebih dahulu untuk memastikan bahwa motor tersebut bukan hasil curian.

3. Cek Keadaan Motor

Cek penampilan luar atau bodi motor, pastikan tidak memiliki masalah serius seperti bodi penyok atau cat yang pudar. Anda juga perlu mengecek keadaan speedometer motor tersebut apakah masih bisa beroperasi dengan baik atau tidak.

Periksa juga bagian rantai motor apakah masih stabil atau mengalami kelonggaran. Rantai yang longgar bisa jadi merugikan, sebab Anda perlu mengeluarkan uang lagi untuk mengganti rantai tersebut.

Usahakan juga Anda memeriksa tangki bensin dan keluarannya melalui knalpot apakah masih normal atau tidak. Mesin motor yang baik dapat dilihat dari keluaran asapnya, jika asap yang dikeluarkan cukup banyak, maka kinerja mesin bisa jadi mengalami kendala atau kurang perawatan.

5. Lakukan Test Drive

lakukan uji coba berkendara saat ingin membeli motor bekas untuk mengetahui kondisinya

Biasanya motor bekas akan ketahuan kekurangannya pada saat kita mencoba menggunakannya. Anda bisa mula-mula mengecek kelistrikan dengan menyalakan motor menggunakan tombol start otomatis.

Kemudian cek keadaan oli dengan mendengar deruan motor apakah normal atau malah memiliki suara yang asing ditelinga. Semua kerusakan motor dan keganjilannya akan lebih mudah Anda rasakan ketika melakukan test drive.

6. Tes Suara Deru Mesin

Dengarkan juga suara mesin yang keluar dari motor bekas tersebut, apakah masih normal atau ada yang janggal. Hal ini berguna untuk memastikan apakah mesin bagian dalam motor masih bagus untuk digunakan atau tidak. Biasanya motor bekas dengan keadaan buruk memiliki suara mesin yang berisik dan agak mengganggu, tidak seperti motor biasanya yang memiliki suara halus.

Read more! Tips Merawat Aki Motor

Apabila motor bekas susah untuk dinyalakan pada start yang pertama, maka bisa disimpulkan bahwa motor tersebut memiliki masalah dibagian kelistrikannya. Suara deru motor yang meringkih dan tak beraturan menunjukan bahwa mesin motor memiliki masalah di bagian oli.

7. Cek Riwayat Kerusakan

Tips membeli motor bekas yang terakhir adalah menanyakan riwayat motor bekas. Coba gali sedalam mungkin apa alasan yang membuat motor tersebut dijual. Jika memiliki riwayat pemakaian yang baik dalam kesehariannya, Anda boleh yakin untuk meminang motor tersebut.

Tapi, jangan langsung percaya karena mayoritas penjual selalu memberikan jawaban yang sekiranya menambah minat beli pelanggan. Intinya jangan langsung tergiur.

Disarankan bagi Anda yang ingin membeli motor bekas untuk terlebih dahulu bertanya kepada kerabat dan teman untuk mengetahui tempat penjualan motor bekas yang bagus.

Usahakan mencari teman yang memang mengerti dunia otomotif agar memperkecil kemungkinan penipuan. Semoga tips ini bisa menolong Anda agar lebih baik lagi dalam membeli motor bekas dengan spesifikasi yang layak pakai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel